Kamis, 09 Mei 2013

Animal Care

Mungkin anda tidak pernah peduli terhadap oranghutan, padahal hewan ini diduga mampu menyebarkan 540 jenis bijian setahun dalam siklus makanan mereka. Kalau saja kita anggap satu oranghutan berkeliaran 1 km persegi, kita bisa membayangkan betapa rapatnya tumbuhan yang tumbuh akibat adanya oranghutan ini dan gratis lagi!
Tapi nasib sial menimpa hewan ini, ditangkap, di"penjara" bahkan dibunuh. Karena itu di Yogyakarta, tepatnya di dusun Paingan, Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berdiri Animal Care, terletak di perbukitan pada ketinggian 42 m dari muka laut.
 Bagi yang penasaran anda bisa Klik disini. Jalan paling mudah untuk menemukan Jogja orangutan centre adalah melalui jalan Wates, sampai di bangjo pertigaan Sentolo anda belok kanan, ketika saya berkunjung lagi tahum ini 2013 sayang sekali lampu lalu lintas sudah tidak ada, jadi anda bisa langsung belok kanan  melalui pasar Sentolo - Pengasih dan teruskan saja ikuti arah penunjuk jalan kira-kira 6 km akan terlihat pertigaan, ambil kanan dan sampailah disana.
Formasi topografi daerah Sentolo Kulon Progo yang akan anda lalui diduga terbentuk saat kala Miosen Tengah, lahan bergelombang, berbukit, bergunung, karena itu anda akan banyak menelusuri perbukitan, tanahnya cenderung lempung dan lengket di sepatu. Berbeda dengan kondisi tanah di bagian Yogyakarta yang lain yang banyak ditutupi oleh pelapukan erupsi Gunung Merapi banyak berupa debu dan berpasir. Jika ingin kesana yang perlu diingat adalah tempat itu bukan kebun binatang. Kalau ingin melihat binatang bagaimana bertingkah laku saya sarankan lebih baik ke Kebun Binatang
Ini beberapa foto di tempat animal care itu:

    Beberapa kera ekor panjang menghuni panti animal care sebelum dilepas kehutan.

Ada beberapa pilihan "menu" didalamnya.

Cottage

 Suasana malam disekitar cottage

Kamar kelas VIP. Mau coba satu dua hari?

Ada tempat istirahat

Jalan menuju Animal care, mulus.





Just Relax!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar