Senin, 21 November 2016

Melintas Jonggrang Plateau

Masih mengenai dataran tinggi di kawasan Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat yang ramah penduduknya dan mempunyai banyak tempat menarik untuk di lihat. Penasaran dengan nama Jonggrang plateau akhirnya kami lintasi suatu trek menuju sebuah lembah di puncak pegunungan Menoreh yang menyimpan goa alam, goa Kiskendo!. Jalan menuju ke arah goa tidak banyak menantang adrenalin. Sebuah jalan tembus melintasi pegunungan Menoreh menuju kota Purworejo. 
Jalan memang menanjak dan menurun  tetapi mudah dilintasi. Dibandingkan dengan trek menuju Suralaya dari kebun teh di Nglinggo perjalanan ke goa Kiskendo menjadi terlalu mudah.Hanya nanti ketika kembali dengan melintas jalan raya Kenteng Purworejo di Nanggulan ada jalan menurun tajam, asal hati-hati semua bisa dilintasi dengan aman. Inilah beberapa gambar yang bisa memberi gambaran tentang alam disekitar goa Kiskendo:



Keseluruhan jalur tempuh
Kalau menemui tanda ini
berhentilah sebentar, lihat !
Beberapa tanda penunjuk jalan yang
bisa ditemui
Dari Tompak View!
Diujung sana ada Samudra Hindia,
tampak dari Tompak View
 Angin sejuk - dingin bertiup melalui lembah ini, kearah gardu pandang di Tompak View.
Alam  Kiskendo adalah sebuah
lembah, naik-turun!
Ada Theatre terbuka di
tengah taman.
Taman ditengah lembah
Theatre terbuka berlatar belakang
Pendapa Jawa
Taman di lihat dari bukit diatas Goa
Pendapa di taman Kiskendo, bisa
untuk istirahat.
Tangga ke atas bukit sisi timur
kurang perawatan
Lembah Kiskendo dari atas bukit,
indah!
Tangga naik-turun bukit, pastikan
anda cukup
sehat untuk melalui
Pintu goa Kiskendo, ajaklah guide
agar lebih nyaman!

Secara umum goa Kiskendo dengan tamannya cukup asri untuk melepas lelah tapi harus diketahui posisi goa ini berada pada suatu lembah diatas pegunungan. Pada saat masuk ke taman ataupun ke goa jalan memang menurun namun jangan kawatir semua aman untuk dilalui, tetapi saat kembali kearah parkir motor atau mobil atau saat menuju pintu keluar, kejadiannya adalah sebaliknya, harus berhenti beberapa saat untuk tarik nafas. Hallo Dinas Pariwisata Kulonprogo, bagaimana kalau dibuatkan tangga berjalan? tentu lebih nyaman!
Siang itu kami kembali on cycle melintasi punggung bukit dan mampir warung bakso di dusun Jonggrangan. Lho Jonggrangan? apakah Van Bemellen pernah kesini?!


Just relax!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar